Peluang Pendidikan di Korea Selatan dengan Beasiswa Global Korea Scholarship (GKS) 2024


beasiswa global korea scholarship

Pendidikan tinggi menjadi salah satu pintu gerbang utama bagi individu yang ingin menggali potensinya lebih dalam. Untuk mewujudkan mimpi tersebut, berbagai program beasiswa internasional hadir sebagai peluang tak terhingga. Salah satu yang patut dicermati adalah Beasiswa Global Korea Scholarship (GKS), sebelumnya dikenal sebagai Korea Global Scholarship Program (KGSP). Dikelola oleh National Institute for International Education (NIIED), lembaga eksekutif di bawah Kementerian Pendidikan Korea Selatan, GKS menawarkan beasiswa penuh untuk jenjang D2 (Associate Degree), S1, S2, dan S3.

Mengenal Global Korea Scholarship (GKS)

GKS bukan sekadar beasiswa biasa. Program ini memiliki tujuan mulia yang tercatat dengan jelas dalam buku panduannya. Salah satu tujuan utama GKS adalah memperkuat daya saing Korea Selatan di kancah internasional. Hal ini dilakukan melalui beberapa pendekatan strategis:

1. Mengembangkan Sumber Daya Manusia Internasional

GKS menjadi jembatan bagi mahasiswa internasional untuk mengembangkan potensi dan keterampilan mereka di Korea Selatan. Dengan demikian, Korea Selatan berinvestasi dalam mencetak generasi penuh potensi yang dapat berkontribusi pada tingkat global.

2. Pertukaran Pelajaran Melalui Program Beasiswa Pemerintah

Pertukaran pemikiran dan pengetahuan menjadi pondasi utama GKS. Mahasiswa yang memperoleh beasiswa ini tidak hanya mendapatkan pendidikan tinggi berkualitas di Korea Selatan, tetapi juga terlibat dalam pertukaran ide dengan sesama mahasiswa internasional.

3. Pelayanan Administrasi Pendidikan

GKS tidak hanya memberikan beasiswa, tetapi juga memberikan layanan administrasi pendidikan. Hal ini mencakup dukungan berbagai aspek kehidupan mahasiswa, membantu mereka beradaptasi dengan lingkungan baru dan fokus sepenuhnya pada studi mereka.

4. Mempromosikan Pertukaran Pelajar Internasional

Pentingnya pertukaran pelajar diakui oleh GKS sebagai sarana untuk memperkaya pengalaman belajar. Program ini aktif mempromosikan pertukaran pelajar internasional, menciptakan lingkungan belajar yang multikultural dan dinamis.

5. Membangun Kerjasama dengan Para Penerima Beasiswa GKS

GKS tidak hanya berhenti pada memberikan beasiswa, tetapi juga aktif membangun jaringan kerjasama antara para penerima beasiswa. Ini menciptakan komunitas yang kuat dan mendukung, memberikan mahasiswa platform untuk berbagi pengalaman dan membangun hubungan jangka panjang.

Cakupan Luas Beasiswa GKS

Global Korea Scholarship (GKS) tidak hanya menawarkan kesempatan pendidikan tinggi di Korea Selatan, tetapi juga menyediakan cakupan beasiswa yang luas untuk memastikan bahwa mahasiswa penerima mendapatkan dukungan penuh selama masa studi, sehingga menjadi salah satu alasan kuliah di Korea Selatan melalui bea siswa ini.

Berikut adalah beberapa aspek penting dari cakupan beasiswa GKS:

1. Tiket Pesawat PP Indonesia – Korea

GKS memberikan kemudahan dengan menyediakan tiket pesawat pulang-pergi dari Indonesia ke Korea pada awal dan akhir masa penerimaan beasiswa. Ini membantu mahasiswa untuk memulai dan mengakhiri perjalanan studi mereka tanpa beban logistik.

2. Tunjangan Awal

Saat pertama kali tiba di Korea, mahasiswa menerima tunjangan awal sejumlah 200,000 KRW (± Rp 2,5 juta). Tunjangan ini memberikan bantuan finansial untuk kebutuhan awal seperti akomodasi dan keperluan sehari-hari.

3. Tunjangan Bulanan

Mahasiswa GKS menerima tunjangan bulanan yang bervariasi sesuai dengan jenjang pendidikan:

  • Program Sarjana: 900,000 KRW (± Rp 11,8 juta)
  • Program Master dan Doktoral: 1,000,000 KRW (± Rp 12,6 juta)
  • Program Riset: 1,500,000 KRW (± Rp 18,9 juta)

4. Tunjangan Penelitian

Program Riset memberikan tambahan tunjangan penelitian sejumlah 210,000 s/d 240,000 KRW per semester, membantu mahasiswa dalam proyek riset mereka.

5. Biaya Belajar Bahasa Korea

Sebelum memulai kuliah, mahasiswa mendapatkan dukungan untuk belajar bahasa Korea selama 1 tahun. NIIED menyediakan 800,000 KRW, sementara sisanya ditanggung oleh universitas.

6. Tanggungan Biaya Perkuliahan

Beasiswa ini mencakup tanggungan penuh biaya perkuliahan, membantu mahasiswa fokus pada studi tanpa beban keuangan.

7. Penggantian Biaya Pencetakan Tesis dan Disertasi

Mahasiswa Master dan Doktoral mendapatkan dukungan tambahan melalui penggantian biaya pencetakan tesis dan disertasi senilai 500,000 s/d 800,000 KRW.

8. Asuransi Kesehatan

GKS menyertakan asuransi kesehatan sebesar 20,000 KRW per bulan, memberikan perlindungan kesehatan selama masa studi.

9. Hibah Kemampuan Bahasa Korea

Bagi penerima GKS yang memiliki tingkat TOPIK 5 dan 6, tersedia hibah kemampuan bahasa Korea sejumlah 100,000 KRW per bulan, memberikan penghargaan atas kemahiran bahasa mereka.

10. Hibah Penyelesaian Beasiswa

Dana ini senilai 100,000 KRW diberikan kepada penerima GKS yang kembali ke negara asal setelah menyelesaikan masa studi, sebagai bentuk dukungan tambahan.

Kualifikasi Pendaftaran Global Korea Scholarship (GKS)

Global Korea Scholarship (GKS) memberikan kesempatan emas untuk mengejar pendidikan tinggi di Korea Selatan, tetapi calon penerima perlu memenuhi sejumlah kualifikasi umum dan menyusun dokumen-dokumen yang diperlukan dengan teliti. Berikut adalah persyaratan dan dokumen yang perlu diperhatikan:

Kualifikasi Umum

1. Kesehatan yang Memadai

Calon penerima harus memiliki kesehatan yang memadai, baik secara mental maupun fisik, untuk tinggal di negara asing dalam jangka waktu yang lama. Hal ini penting mengingat tantangan dan adaptasi yang mungkin ditemui di lingkungan baru.

2. Usia

    • Jenjang S1: Di bawah 25 tahun pada tanggal masuk.
    • Jenjang S2 dan S3: Di bawah 40 tahun pada tanggal masuk.

3. Pendidikan Formal

    • S1: Telah menyelesaikan atau dijadwalkan untuk menyelesaikan semua kursus dasar, menengah, dan menengah pada tanggal kedatangan.
    • S2 dan S3: Telah memiliki gelar Sarjana atau Magister pada tanggal kedatangan.

4. Indeks Prestasi Kumulatif (GPA):

    • GPA di atas 80% dari institusi pendidikan terakhir.

5. Batas Partisipasi:

    • Pelamar yang sebelumnya mengikuti program di Korea tidak dapat mendaftar kembali. Namun, mantan sarjana KGSP atau mereka dengan nilai keseluruhan 90% atau lebih dan telah mencapai TOPIK level 5 atau lebih tinggi dapat mendaftar kembali sekali melalui jalur kedutaan atau universitas.

Dokumen yang Diperlukan

  1. Formulir Pendaftaran
  2. NIIED Pledge
  3. Personal Statement
  4. Study Plan
  5. 2 (Dua) Surat Rekomendasi
  6. Completed Self Medical Assessment
  7. Sertifikat dan Penghargaan Lainnya (opsional)
  8. Hasil Tes Kesehatan Pelamar

Jadwal Pendaftaran Beasiswa GKS 2024

Tahun 2024 ini, mengutip situs Kobi Education, GKS kembali membuka pendaftaran untuk Jenjang S2/S3. Pendaftaran dibuka mulai bulan Februari hingga Maret 2024.

Jenjang D3/S1Jenjang S2/S3
PendaftaranSeptember 2024Februari–Maret 2024

Penutup

Global Korea Scholarship (GKS) bukan hanya sekadar beasiswa, tetapi juga sebuah pintu gerbang menuju pengalaman pendidikan internasional yang luar biasa di Korea Selatan. Selain itu, GKS berhasil menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan mendukung, menghasilkan lulusan yang tidak hanya berkualitas, tetapi juga siap bersaing di panggung global.

Bagi calon penerima beasiswa GKS, penting untuk mempersiapkan diri dengan baik. Selain menjaga akademis, penting juga untuk mengasah kemampuan bahasa Korea dan memahami budaya lokal. Terlibatlah aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler dan manfaatkan kesempatan untuk membangun jejaring. Dengan begitu, perjalanan pendidikan di Korea Selatan tidak hanya menjadi studi, tetapi juga petualangan tak terlupakan yang membentuk masa depan.

 

Peluang Pendidikan di Korea Selatan dengan Beasiswa Global Korea Scholarship (GKS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *